Wabah Cacar Monyet Yang Berpotensi Menjadi Pandemi

by -123 views
Wabah Cacar Monyet Yang Berpotensi Menjadi Pandemi

Setelah corona melanda banyak negara, kini terdapat kasus lain yang menghawatirkan. Wabah cacar monyet menjadi sebuah momok baru yang berpotensi untuk menyebar. Informasi yang terperinci bisa didapat di https://indotimes.net/ yang lengkap terpercaya. Wabah ini memiliki tingkatan resiko yang menghawatirkan mengingat proses penyebarannya yang cepat. Cacar monyet telah mendapat status langsung dari WHO sebagai keadaan darurat tingkat dunia.

Banyak orang yang terdampak terror oleh wabah ini terutama di Afrika. Negara ini adalah yang pertama terjangkit cacar monyet sehingga diisolasi dan mendapat sorotan tajam dari berbagai dunia.

Fakta Menarik Dari Wabah Cacar Monyet Yang Berpotensi Menjadi Pandemi 

Wabah yang telah menjangkiti banyak orang. Wabah cacar monyet kini sudah menjangkiti hingga ratusan orang. Wabah ini bahkan sudah menyebar luas di berbagai negara. Berikut fakta menarik dari wabah cacar monyet yang berpotensi menjadi pandemi antara lain :

1. Penyakit endemik yang berasal dari Afrika

Awal mula munculnya wabah cacar monyet adalah berasal dari Afrika. Wabah ini telah terdeteksi beberapa orang dari Afrika dan mulai menyebar luas di berbagai negara. Cacar monyet yang telah menjadi paradigma baru berpotensi untuk mengguncang kesehatan dunia. Demi agar masyarakat luas tidak menyakahkan Afika maka WHO memutuskan untuk tidak memasukan cacar monyet sebagai endemi.

2. Peradangan otak menjadi penyebab dari resiko kematian

Hal yang mengerikan dari cacar monyet lebih ke dampak yang dialami. Peredangan otak adalah salah satu resiko yang diterima oleh pasien yang mengidapnya. Meski hal ini tidak bisa dijadikan acuan utama karena setiap orang bisa saja memiliki gejala lain. Untuk menghindari agar tidak semakin parah maka perawatan intensif dari penderita cacar monyet perlu dilakukan.

3. Telah menyerang Indonesia

Cacar monyet juga sempat dilaporkan bahwa penyakit ini mulai masuk di Indonesia. Penyakit ini telah diindikasi menyerang 50 orang warga Indonesia dan kini sedang dirawat intensif. Karena gejalanya yang mirip dengan flu membuat cacar monyet perlu diwaspadai dan dikontrol gejalanya.

4. Penyakit yang tergolong langka

Cacar monyet juga telah diindikasi sebagai penyakit langka. Penyakit ini bahkan memiliki gejala yang menyerupai flu. Salah satu indikasi yang menandakan seseorang terjangkit cacar monyet adalah munculnya ruam kulit. Namun, di beberapa negara dan salah satunya Amerika telah terjangkit cacar monyet yang gejalanya menyimpang. Beberapa pasien mengeluhkan timbul rasa nyeri di anus hingga terjadinya tenesmus.

5. Diduga penyebarannya berasal dari kera dan tikus

Awal dari penyebaran cacat monyet ini diduga berasal dari mamalia dan pengerat. Kera dan tikus telah menjadi pemicu utama munculnya penyakit langka ini. Benua Afrika adalah Benua pertama yang telah terjangkit penyakit ini. Kongo menjadi negara dari benua Afrika yang terdampak dari penyakit ini.

6. Penyakit mematikan yang bisa sembuh 

Cacar monyet juga menjadi penyakit yang dapat sembuh sendiri. Penyakit ini sudah bisa diatasi secara medis. Sudah ada berbagai macam obat yang bisa mengendalikan penyebaran cacar monyet dan hebatnya bagi yang memiliki imunitas baik, penyakit ini akan sembuh dengan sendirinya.

7. Pencegahan dapat dilakukan dengan memberikan vaksin

Kasus cacar monyet bisa diatasi dengan vaksin. Terdapat beberapa jenis vaksin yang bisa mencegah sekaligus mengeliminir dampak dari cacar monyet.

Fakta menarik dari wabah cacar monyet yang berpotensi menjadi pandemi menyebabkan kepanikan global. WHO telah berupaya untuk mencegah dan mengatasi dampak dari penyakit langka ini.