Tipe-tipe Ekosistem

by -205 views
Tipe-tipe Ekosistem
Sumber: owlcation.com

Pada umumnya dikenal dua tipe ekosistem utama, yaitu ekosistem darat (terestrial) dan ekosistem perairan (akuatik).

Ekosistem Darat

Ekosistem Darat
Sumber: nationalgeographic.org

Ekosistem darat memiliki bagian daerah yang luas dengan habitat dan komunitas tertentu yang disebut dengan bioma. Macam-macam bioma adalah bioma hutan musim, bioma padang rumput, bioma gurun, bioma taiga, bioma tundra, dan bioma hutan hujan tropis.

Ekosistem Perairan

Ekosistem Perairan
Sumber: id.pinterest.com

Ekosistem perairan dipengaruhi oleh empat faktor, yaitu penetrasi cahaya matahari, substrat, temperatur, dan jumlah material terlarut. Ekosistem perairan dibedakan menjadi ekosistem air tawar dan ekosistem laut. Ekosistem air tawar dapat berupa ekosistem lentik (air tenang, sperti danau, kolam, dan rawa) dan ekosistem lotik (air mengalir, seperti sungai dan parit). Ekosistem danau memiliki beberapa zona seperti zona fotik (intensitas cahaya kurang); zona litoral (tepi danau dan dangkal) dan zona limnetik (jauh dari tepi dan dalam); serta zona pelagik (perairan terbuka) dan zona bentik (dasar danau).

Ekosistem laut memiliki zona intertidal/litoral, estuari (muara) dan pantai; zona neritik, laut dangkal, masih dapat ditembus sinar matahari, dan terdapat organisme fotosintetis; serta zona pelagik, laut dalam, produsen berupa organisme kemoautotrof.