RELIGI DAN BURUH

JAFF Movie Night 2.4 kembali diselenggarakan pada bulan Mei ini mengusung tema Buruh dan Religi. Acara yang berlangsung pada tanggal 25 Mei 2018 ini diselenggarakan di Jogja Village Inn. Seperti yang telah disampaikan oleh Said selaku PIC JAFF Movie Night, “Dipilihnya tema tersebut karena pada bulan Mei berkaitan dengan hari Buruh yang jatuh pada tanggal 1 Mei, dan pada bulan yang sama bertepatan dengan Bulan Ramadhan”. Sehingga pemilihan tema tersebut dirasa cocok dengan fenomena sosial yang terjadi pada bulan Mei.

Ada 7 film yang terbagi kedalam dua slot, judul film slot pertama pada tema religi yakni, Hoyen (Yopi Kurniawan), Oleh-oleh (M.Reza Fahriyansyah), dan Munggah Kaji (Rivandy Adi Kuswara). Sedangkan judul film pada slot ke dua dengan tema buruh yakni, Luwung Banawi (Bicky Reza), Sam Another Way to Teach a Child (Abiyoga Bimo Nugroho), Panderes & Pangidep (Achmad) dan Angka Jadi Suara (Dian Septi Trisnanti). 

Acara tersebut dihadiri oleh beberapa sutradara salah satunya Yopi Kurniawan sutradara film Hoyen yang menceritakan tentang biografi seorang Romo Mangun tokoh yang memiliki prinsip hidup dan berhasil membangun kepribadian baik masyarakat di lingkungan sekitarnya. Tujuan film Hoyen dibuat adalah untuk menyadarkan dan menginspirasi audiens bahwa hidup itu seharusnya berjalan sesuai kebutuhannya, bukan sesuai keinginannya.

Sedangkan film Oleh-oleh yang disutradarai oleh M.Reza Fahriyansyah menceritakan tentang fenomena yang sangat dekat dengan kehidupan pribadinya. Dimana seorang ibu yang merasa terbebani oleh budaya pada kelompok pengajiannya sebelum berangkat Umrah. Kemudian budaya tersebut membuat anak dan ibunya risih karena dapat menggagalkan fokus beribadah, hanya untuk membeli buah tangan untuk kelompok pengajian.

 

(penulis: Sunnora Meilisa)
Editor: Jogja Village Inn

Book Now

Need Help?
+62 877 3830 4456
Whatsapp Only widget