Perbedaan Sel Hewan Dengan Sel Tumbuhan

by -487 views
Perbedaan Sel Hewan Dengan Sel Tumbuhan
Sumber: bestdifferencebetween.com

Sel hewan dan sel tumbuhan dapat di bedakan berdasarkan bentuk luar (morfologi), kegiatan faal (fisiologi), dan reproduksinya .

Perbedaan Sel Hewan dan Sel TumbuhanBerdasarkan Morfologinya

Perbedaan antara sel hewan dan sel tumbuhan dapat di amati dari lapisan luarnya. Lapisan terluar sel hewan adalah membran sel, sedangkan lapisan terluar sel tumbuhan adalah dinding sel. Di samping itu, di dalam sitoplasma sel tumbuhan mengandung plastisida.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel TumbuhanBerdasarkan Fisiologinya

Sel tumbuhan memiliki lapisan terluar berupa dinding sel. Dinding sel mencegah terjadinya pengembangan sel, sehingga  bentuk selnya hampir tetap atau kaku. Sebaliknya, sel hewan bersifat permeabel sehingga membran sel dapat mengembang dalam batas-batas tertentu.

Sel tumbuhan mempunyai kemampuan untuk menyusun senyawa-senyawa  organik sederhana menjadi karbohidrat, lemak, dan protein. Sebaliknya, sel hewan hanya dapaat mencerna  senyawa organik yang berasal dari tumbuhan atu hewan lainnya.

Perbedaan Sel Hewan dan Sel TumbuhanBerdasarkan Reproduksinya

Pada saat pembelahan, antara sel hewan dengan sel tumbuhan dapat di bedakan karena di dalam sel tumbuhan yang sedang berbunga tidak di temukan sentrosom.

Mekanisme Transpor Pada Membran

Mekanisme transpor zat melalui membran plasma dapat berlangsung secara difusi, osmosis, dan transpor aktif. Transpor aktif dapat berupa endositosis dan eksositosis.

  1. Difusi adalah perpindahan zat (gas, padat atau cair), dengan atau tanpa melewati membran dari daerahyang konsentrasinya tinggi ke daerah yang konsentrasinya rendah sehingga konsentrasi zat menjadisama.
  2. Osmosis adalah perpindahan molekul air melalui membran semipermeabel dari lautan hipotomis (konsentrasi air tinggi, konsentrasi zat terlarut rendah) ke larutan hipertonis (konsentrasi air rendah, konsentrasi zat terlarut tinggi)
  3. Transpor aktif adalah transpor ion melalui membran semipermeabel dengan bantuan energi berupa ATP
  • Endositosis adalah peristiwa pembentukan kantong memberan sel saat larutan atau partikelditransfer ke dalam sel.
  • Eksositosis adalh peristiwa di mana kantong membran sel mengosongkan isinya ke luar