Intip Manfaat dan Cara Memilih Buah Mangga Yang Manis

by -813 views
Intip Manfaat dan Cara Memilih Buah Mangga Yang Manis
Sumber: food.ndtv.com

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin memang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Mulai dari banyaknya kandungan vitamin, mineral dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat buah, terutama mangga begitu diminati oleh banyak orang. Namun perlu diperhatikan bagaimana cara memilih buah mangga yang manis dan enak untuk dikonsumsi.

Terdapat beberapa manfaat yang diperoleh apabila mengkonsumsi buah satu ini dengan rutin, yaitu mulai dari membantu proses penurunan berat badan, mengontrol gula darah, hingga menjaga kesehatan. Maka dari itu pastikan untuk memakannya secara rutin setiap harinya agar bisa mendapatkan manfaatnya dengan baik.

Memilih buah yang manis dan terbaik tentunya tidak mudah. Ada beberapa tips dan juga langkah mudah yang harus diikuti. Untuk mengetahui informasi lengkapnya, maka simak manfaat dan cara memilih buah mangga yang manis dan terbaik di bawah ini.

1. Mengecek Batang Buah Mangga

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara memilih buah mangga yang manis adalah dengan mengecek batangnya. Pastikan bahwa batang buah telah mengeluarkan getah dan terlihat seperti digunting. Itu merupakan tanda sudah matang dan juga masak pohon. Dijamin rasanya sangat manis, segar dan juga enak.

Selain enak, kandungan yang ada di dalam mangga sangat tinggi akan serat, sehingga membuat sistem pencernaan pun bisa bekerja dengan baik. Bahkan enzim yang ada dapat berperan sebagai probiotik yang sangat baik untuk kesehatan tubuh tiap orang.

2. Melihat Bentuk Buah

Tidak hanya mengecek batang buah mangga, perhatikan pula bentuknya. Biasanya buah yang sudah matang akan nampak bulat penuh dan juga berisi. Jadi apabila mangga telah bercirikan seperti itu, maka bisa dibilang cukup bagus untuk dipanen dan dikonsumsi karena sudah masak pohon.

Buah yang segar dan masak pohon sangat bagus untuk menjaga kesehatan mata. Pasalnya mangga memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi dan cocok untuk dikonsumsi secara rutin.

3. Aroma Mangga yang Khas

Buah mangga juga memiliki aroma yang khas apabila sudah matang. Baunya yang segar dan juga manis tentunya menandakan bahwa buah sudah siap untuk dimakan. Namun jika belum matang, maka aroma buah tidak terlalu pekat dan juga sedikit berkurang. Jadi pastikan untuk memperhatikannya dengan baik.

Kadar glikemik yang cukup rendah pada buah mangga sangat baik untuk mengontrol gula darah yang berlebih. Sehingga pastikan untuk mengkonsumsinya secara wajar dan tidak berlebihan agar tetap aman bagi kesehatan tubuh. Bila perlu tambahkan yogurt atau susu untuk membuatnya semakin lezat saat dikonsumsi.

4. Warna Kulit Buah

Warna kulit dari buah satu ini juga menentukan apakah buah mangga memiliki rasa yang manis dan beraroma enak. Mulai dari warna hijau pekat, kuning terang hingga kemerahan tergantung jenis mangga itu sendiri. Sehingga kini sangat mudah untuk memilih dan menentukan mana yang sudah siap untuk dikonsumsi.

5. Tekstur Buah

Hal terakhir yang perlu diperhatikan sebagai cara memilih buah mangga yang manis yaitu dengan melihat tekstur buah mangga itu sendiri. Pastikan untuk memilih buah dengan tekstur berserat dan juga tebal. Dengan begitu akan diketahui bahwa rasa buah manis dan juga berdaging tebal. Bahkan uniknya konsumsi makanan ini secara rutin bisa membantu proses penurunan berat badan dan solusi untuk defisit kalori loh.

Nah itulah ulasan singkat mengenai bagaimana cara memilih buah mangga yang manis dan cocok untuk dikonsumsi. Pastikan memperhatikan buah dengan seksama, mulai dari batang, bentuk, aroma, warna, hingga tekstur mangga. Pemilihan buah yang tepat pastinya tidak akan mengecewakan. Semoga bermanfaat dan selamat menikmati buah manis dan segar satu ini.