Inilah 5 Cara Membedakan Ikan Koki Jantan dan Betina Dengan Benar, Dijamin Akurat

by -17,685 views
Inilah 5 Cara Membedakan Ikan Koki Jantan dan Betina Dengan Benar, Dijamin Akurat
Sumber: bunnycart.com

Dewasa ini, ikan koki sedang diminati banyak orang. Jika dilihat sekilas, bentuk tubuh ikan koki yang cantik memiliki kesamaan antara jantan dan betina. Namun, jika ingin memelihara ikan koki, perlu mengetahui cara membedakan ikan koki jantan dan betina dengan benar. Maka, berikut ini beberapa cara membedakan jenis kelamin ikan koki:

1. Lihat Bentuk Kepala dan Sirip

Cara paling mudah untuk bisa membedakan antara ikan koki jantan dan betina ialah melihat bentuk kepala dan sirip tiap ikan. Maka, perlu fokus dan ketelitian untuk melihatnya. Ikan koki jantan memiliki kepala dengan bentuk yang kecil. Sementara itu, ikan koki betina memiliki kepala dengan bentuk lebih bulat dan lebih besar.

Selanjutnya, ikan koki memiliki 2 bagian sirip, yakni sirip bagian atas dan bawah. Ikan koki jantan memiliki bentuk besar dan lebar pada sirip atas, serta hanya memiliki sirip tunggal di bagian bawah. Sementara itu, ikan koki betina memiliki sirip atas dengan bentuk runcing dan kecil, serta memiliki sirip ganda di bagian bawah.

2. Perhatikan Postur Tubuh

Selain melihat bentuk kepala dan sirip, memperhatikan postur tubuh ikan juga bisa dipakai untuk membedakan ikan koki jantan dan betina. Untuk dapat melihat postur tubuh secara akurat, perlu melihat ikan dari sudut pandang yang khusus. Jangan lihat ikan dari samping atau depan, perhatikan ikan dari atas agar bisa terlihat perbedaannya.

Postur tubuh yang ramping dan panjang cenderung dimiliki oleh ikan koki dengan jenis kelamin jantan. Sementara ikan koki betina, memiliki postur tubuh lebih gemuk dan pendek. Posturnya yang gemuk biasanya sangat menonjol di bagian perut koki betina. Meski keduanya sama-sama memiliki disparitas khusus, tetapi tetap ada perbedaan terhadap postur tubuh.

3. Cek Bintik-Bintik pada Ikan Koki

Meski bintik-bintik tak memiliki fungsi khusus pada ikan kopi. Namun, bintik-bintik berwarna putih itu bisa dijadikan cara membedakan ikan koki jantan dan betina. Koki jantan memiliki bintik-bintik berwarna putih pada bagian sirip depan bagian tubuhnya. Sementara itu, ikan koki betina sama sekali tidak memiliki bintik-bintik tubuh di bagian manapun pada tubuhnya.

4. Perhatikan Tingkah Laku Ketika Birahi

Ketika ingin memakai cara membedakan ikan koki jantan dan betina dengan memperhatikan tingkah laku ketika birahi, harus saat masa kawin. Maka, tidak bisa memaksakan diri untuk memperhatikan tingkah laku ikan ketika birahi saat bukan masa kawin. Oleh sebab itu, perlu mengetahui dan paham kapan masa kawin pada ikan koki terjadi.

Ketika sudah memasuki masa kawin, segera lakukan percobaan untuk memperhatikan tingkah laku ikan koki ketika birahi. Ketika sedang birahi, ikan koki jantan cenderung lebih agresif dan sering mengejar ikan betina, lalu menghimpit tubuh ikan betina. Sementara itu, ikan koki betina cenderung lebih kalem ketika birahi dan posisi tubuh selalu terhimpit.

5. Cek Penampang Anus

Tak hanya hewan lain, ikan koki juga memiliki penampang anus. Penampang anus pada ikan koki jantan dan betina memiliki bentuk yang berbeda. Maka, mengecek penampang anus bisa menjadi cara membedakan ikan koki jantan dan betina secara akurat. Untuk dapat mengetahui penampang anusnya, posisikan ikan koki dengan tubuh menghadap keatas.

Setelah posisi tubuh ikan koki menghadap ke atas, segera lihat penampang anus dari samping. Hal ini dilakukan, sebab melihat penampang anus dari samping akan memberikan hasil yang akurat dibanding dari sudut pandang lain. Penampang anus pada ikan koki jantan lebih rata dan terlihat samar, sedangkan penampang anus betina lebih menonjol.

Demikian ulasan mengenai 5 cara membedakan ikan koki jantan dan betina dengan benar dan akurat. Membedakan ikan koki jantan dan betina memang cukup mudah, tetapi perlu ketelitian agar tak salah melihat. Semoga ulasan mengenai cara membedakan ikan koki bisa menjadi referensi.