Definisi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

by -452 views
Definisi dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi
Sumber: thoughtco.com

Jika kita mengamati peristiwa di sekitar kita, banyak kita jumpai adanya reaksi kimia, misalnya proses pembusukam makanan, perkaratan besi, pembakaran kayu dan pembuatan tapai dengan bantuan fermentasi. Reaksi kimia tersebut ada yang berjalan cepat dan ada yang berjalan lambat. Beragamnya reaksi kimia disebabkan oleh laju reaksi.

Laju Reaksi

Laju reaksi adalah laju berkurangnya jumlah pereaksi per satuan waktu. Laju reaksi (v) dapat dinytakan sebagai berikut.

Teori Tumbukan

Reaksi kimia terjadi karena tumbukan antar partikel zat yang bereaksi. Dasar teori tumbukan adalah molekul-molekul harus bertabrakan danpada saat mempunyai energi kinetik minimum. Energi aktivasi (Ea)  adalah energi minimum yang diperlukan untuk menghasilkan energi efektif.

Sehubungan dengan energi aktivasi, ada dua hal yang dapat dilakukan untuk memepercepat reaksi, yaitu:

  1. Memperbesar energi kinetik molekul hingga melampaui harga aktivasi dengan cara menaikkan suhu.
  2. Menurunkan energi aktivasi dengan cara menambahkan katalis

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Laju Reaksi

a. Konsentrasi

reaksi akan berlangsung lebih cepat jika konsentrai zat lebih tinggi. Semakin besar konsentrasi suatu zat, semakin banyak molekul yang bereaksi sehingga tumbukan antar molekul juga semakin sering terjadi

b. Luas Permukaan

Suatu reaksi dapat berlangsung jika zat-zat pereaksi saling bersentuhan. Jika luas bidang setuh diperluas, laju reaksi akan berlangsung lebih cepat. Suatu zat dalam bentuk serbuk mempunyai luas bidang sentuh yang lebih luas daripada zat berbentuk padatan.

c. Tempuratur atau Suhu

Apabila suhu dinaikkan, energi gerak atau energi kinetik partikel akan bertambah sehingga tumbukan lebih sering terjadi. Dengan frekuensi tumbukan efektif yang mampu menghasilkan reaksi juga semakin besar. Pada umumnya, reaksi kimia menjadi dua kali lebih cepat jika suhunya dinaikkan 10. Perhitungan laju reaksi berdasarkan suhu menggunakan rumus sebagai berikut.

d. Katalis

Katalis adalah suatu zat yang berfungsi mempercepat terjadinya reaksi, tetapi pada akhir reaksi dapat diperoleh kembali. Fungsi katalis adalah menurunkan energi aktivasi sehingga jika ke dalam suatu reaksi ditambahkan katalis, reaksi akan lebih mudah terjadi