Cara Memilih Buah Naga Yang Manis Cocok Untuk Kesehatan Tubuh

by -190 views
Cara Memilih Buah Naga Yang Manis Cocok Untuk Kesehatan Tubuh
Sumber: tastefulspace.com

Buah naga merupakan salah satu buah yang banyak ditemukan di daerah Asia dan Amerika Selatan. Bentuknya yang hampir menyerupai kaktus, serta berwarna hijau dan merah muda membuatnya sangat menarik mata. Apalagi kandungan nutrisi di dalamnya yang sangat bergizi dan kaya akan khasiat. Untuk mendapatkannya, maka pastikan telah mengerti bagaimana cara memilih buah naga yang manis dan terjaga kesegarannya.

Kandungan buah naga yang baik untuk kesehatan membuatnya sangat disarankan dikonsumsi secara rutin. Bahkan bisa dibilang cukup sempurna untuk makanan saat diet loh. Mulai dari menjaga kesehatan mata, meningkatkan daya tahan tubuh, melancarkan sistem pencernaan hingga mencegah kanker.

Untuk mengetahui informasi lengkap lainnya, maka simak ulasan lengkap mengenai manfaat dan cara memilih buah naga yang tepat wajib diketahui berikut, antara lain:.

1. Perhatikan Warna Buah Naga

Hal pertama yang harus dilakukan sebagai cara memilih buah naga yang manis adalah dengan memperhatikan warnanya. Pastikan warna yang dimilikinya merah magenta menyala terang dan juga menyeluruh. Tentunya ini menunjukkan bahwa buah sudah matang dan rasanya manis.

Buah yang matang dan manis sangat cocok dikonsumsi, pasalnya kandungan vitamin A yang ada di dalamnya sangat baik untuk menjaga kesehatan mata dan kulit. Untuk pengolahannya sendiri, buah naga bisa dijadikan jus buah atau smoothies yang menyegarkan. Bisa pula dengan menambahkan yogurt atau susu agar semakin lezat.

2. Periksa Kepadatan Buah

Cara memilih buah naga yang manis berikutnya adalah dengan memeriksa kepadatannya untuk menentukan apakah buah memiliki rasa yang manis. Biasanya buah yang matang dan siap dikonsumsi memiliki batang yang lunak dan padat. Jadi pastikan untuk lebih teliti ketika memilih buah satu ini apakah sudah matang atau belum.

Mengkonsumsinya secara rutin sangat baik bukan hanya untuk menjaga kesehatan mata, namun bisa pula untuk menjaga daya tahan tubuh. Apalagi jika di konsumsi oleh anak-anak, tentunya daya tahan dan kekebalan tubuhnya akan senantiasa terjaga dengan baik

3. Cermati Kekenyalan Daging

Tidak hanya memeriksa kepadatan buah saja, namun pastikan pula mencermati kekenyalan daging buah naga. Tekan dan periksa kekenyalannya dengan baik. Apabila buah terasa empuk dan kenyal, maka tandanya sudah siap untuk dikonsumsi. Hindari memilih buah dengan tekstur yang masih keras atau kurang matang.

Dengan mengkonsumsi buah naga yang kaya akan serat ini, maka bisa menghindarkan tubuh dari sembelit, melancarkan sistem pencernaan dan juga mengurangi kembung. Tidak hanya itu, kesehatan kulit pun juga akan terjaga.

4. Lihat Sisik Buah Naga

Jangan lupa untuk memeriksa sisi buah naga yang menutupi seluruh permukaannya. Pastikan untuk memilih buah dengan sisik yang tidak keras, sedikit layu dan juga berwarna cerah. Dijamin ini merupakan pilihan terbaik dan terjaga kesegarannya. Hindarilah memilih buah dengan sisik kecoklatan yang berkualitas buruk.

5. Cium Aroma Buah

Langkah terakhir sebagai cara memilih buah naga yang manis adalah dengan mencium aromanya agar bisa tahu mana yang sudah matang. Pilihlah buah dengan aroma tropis ringan dan tidak menyengat. Hal ini akan menunjukkan kesegaran dan tingkat kematangannya. Sehingga bisa diketahui buah tersebut sudah matang dan memiliki rasa yang manis.

Apalagi mengingat kandungan antioksidan yang tinggi pada buah, maka bisa dibilang cukup baik untuk mencegah tumbuhnya sel kanker dan melindungi membran sel akibat radikal bebas. Sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak hingga orang dewasa.

Demikian informasi mengenai manfaat dan juga cara memilih buah naga yang manis cocok untuk kudapan sore hari nan lezat. Pastikan telah memilih mana yang terbaik agar bisa mendapat khasiatnya untuk menjaga kesehatan. Tambahkan pelengkap berupa yogurt atau susu saat mengkonsumsinya supaya rasanya semakin enak. Semoga bermanfaat dan selamat menjalani hidup sehat!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *