Pecinta Durian Inilah Cara Memilih Buah Durian Yang Dagingnya Tebal dan Tentunya Enak

by -687 views
Pecinta Durian_ Inilah Cara Memilih Buah Durian Yang Dagingnya Tebal dan Tentunya Enak
Sumber: asiaone.com

Seringkali dijadikan sebagai ikonik Asia Tenggara, buah durian memang bisa dibilang memiliki banyak penggemar karena rasanya yang unik. Apalagi bau dan juga harumnya yang manis sangat disukai oleh para pecintanya. Namun jangan sampai terlupa untuk mengetahui bagaimana cara memilih buah durian yang dagingnya tebal agar tidak kecewa nantinya. Sehingga bisa pula puas merasakan buah yang enak satu ini.

Selain karena manis dan enak, tentunya buah durian memiliki banyak kandungan yang baik bagi kesehatan. Mulai dari tingginya antioksidan yang baik untuk mencegah kanker, sumber karbohidrat, hingga mengandung nutrisi cocok untuk sistem pencernaan lebih lancar. Apabila ingin mengetahui lebih lanjut mengenai bagaimana cara memilih buah satu ini dengan tepat, maka simak ulasan berikut ini.

1. Berat Durian

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam cara memilih buah durian yang dagingnya tebal adalah dengan menimbang beratnya. Pilihlah durian dengan berat yang ringan dan tidak berat, pasalnya buah yang matang akan lebih ringan karena bijinya kecil. Sementara durian yang masih mentah akan berat di bijinya.

2. Lihat Bentuk Durian

Selain melihat beratnya, cara memilih buah durian yang dagingnya tebal adalah dengan memperhatikan bentuknya. Buah dengan bentuk bulat dipercaya sudah sempurna untuk dipanen, yaitu sudah matang dan berdaging tebal. Maka pastikan memperhatikan bentuknya dengan baik agar memperoleh durian terbaik.

Pastikan untuk memilih buah dengan bentuk bulat sempurna dan terlihat sudah matang. Maka ini bisa menunjukkan apabila daging buah tebal dan juga manis. Sehingga sangat cocok dikonsumsi bersama keluarga.

3. Perhatikan Bentuk Duri Dan Tangkai Buah

Perhatikan pula bentuk duri pada buah durian untuk mengetahui kematangannya. Buah yang matang pastinya memiliki daging cukup tebal dan biji yang kecil. Sehingga sangat nikmat untuk di konsumsi oleh para pecintanya.

Selain itu tangkai buah yang tebal dan pendek juga menunjukkan bahwa durian sudah siap dipanen dan dinikmati loh. Maka jangan sampai salah pilih dan memperhatikannya secara detail sebelum membelinya.

4. Cium Aromanya

Buah durian yang matang dan juga berdaging tebal pastinya akan memiliki aroma yang enak dan khas. Ini adalah sebuah pertanda pula bahwa buah sudah bisa dipanen dan juga dikonsumsi oleh para penggemarnya. Maka dari itu pastikan untuk mencium aromanya terlebih dahulu sebelum membelinya agar tidak kecewa nantinya.

5. Ketuk Buah Durian

Hal lainnya yang harus dilakukan sebagai cara memilih buah durian yang dagingnya tebal adalah dengan cara mengetuk buahnya. Biasanya durian yang matang akan menimbulkan suara ketukan yang terasa sedikit berat. Jadi pastikan untuk selalu mencermati bunyi yang timbul untuk menentukan mana yang enak dan dagingnya tebal.

6. Beli Durian Pada Musim Yang Tepat

Durian dengan rasa yang enak dan dagingnya tebal biasanya dijual pada musim kemarau. Tekstur dan rasa daging akan jauh terasa manis daripada membelinya ketika musim penghujan. Maka dari itu pastikan untuk membelinya di musim yang tepat dan juga di penjual yang sudah terpercaya. Lantas apakah sudah tertarik untuk membeli dan mengkonsumsi buah yang kaya akan nutrisi satu ini?

Itulah ulasan mengenai kandungan dan juga cara memilih buah durian yang dagingnya tebal. Buah ini sangat cocok dikonsumsi secara bersama dalam pertemuan keluarga atau pertemanan agar hubungan terjalin semakin erat. Rasanya yang manis dan enak bisa pula meningkatkan mood. Namun pastikan untuk selalu memilihnya dengan memperhatikan bentuk, warna hingga aromanya untuk mendapatkan durian terbaik. Semoga bermanfaat.