Cara Membedakan Kutilang Jantan dan Betina yang Paling Akurat

by -8,301 views
Cara Membedakan Kutilang Jantan dan Betina yang Paling Akurat
Sumber: hargaburung.id

Burung kutilang adalah salah satu jenis burung yang populer dikalangan para pecinta burung. Namun, cara membedakan kutilang jantan dan betina memang dapat disebut cukup sulit. Pasalnya, kedua burung kutilang berjenis kelamin beda memiliki morfologi yang sangat mirip. Kemiripan dapat dilihat pada warna bulu, kebiasaan, hingga ukuran tubuh.

Namun, bila diperhatikan dengan seksama, masing-masing jenis kelamin burung kutilang memiliki beberapa indikator sebagai pembeda. Ingin tahu bagaimana cara membedakan kutilang jantan dan betina? Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Perhatikan Bagian Paruh Kutilang

Burung kutilang merupakan jenis burung pemakan buah-buahan. Oleh sebab itu, burung jenis ini memiliki paruh yang berbentuk runcing layaknya burung pemakan buah lainnya. Untuk mengidentifikasi jenis kelaminnya, pemilik dapat memperhatikan bagian paruh burung kutilang.

Jika bagian atas paruh berbentuk meruncing ke bawah pada bagian ujungnya, maka dapat dipastikan kutilang tersebut berjenis kelamin jantan. Sebaliknya, jika paruh terlihat lebih mendatar, maka kutilang tersebut berjenis kelamin betina.

2. Lihat Bagian Jambul Burung Kutilang

Selain berbulu, burung kutilang juga memiliki jambul untuk mempercantik penampilannya. Untuk mengidentifikasi jenis kelaminnya, lihatlah bagian jambul burung kutilang dengan teliti. Jambul yang menjulang tinggi menunjukkan jenis kelamin kutilang tersebut adalah jantan. Sebaliknya, burung kutilang betina memiliki jambul yang tegak dan pendek.

3. Memperhatikan Kepala dan Bagian Tubuh

Ketiga, pemilik dapat mengidentifikasi jenis kelaminnya dengan memperhatikan bagian tubuh dan ukuran kepalanya. Kutilang jantan memiliki kepala yang lebih besar daripada kutilang betina. Meskipun tidak terlalu jelas, tetapi perbedaan ini dapat terlihat jika diperhatikan dengan seksama.

Tak hanya itu, postur tubuh kutilang jantan juga terlihat lebih memanjang. Sementara itu, bentuk tubuh kutilang betina cenderung lebih bulat. Kendati demikian, cara ini tidak terlalu efektif lantaran ukuran kepala dan postur tubuh dapat berubah-ubah tergantung makanan, gen, dan berbagai faktor lainnya.

4. Mendengarkan Kicauannya

Burung kutilang banyak dipelihara karena kemudahannya dalam perawatan dan suara kicauannya yang merdu. Bagi para pecinta burung, mendapat burung kutilang betina terkadang membuat seseorang menyesal.

Pasalnya, burung kutilang berjenis kelamin betina mengeluarkan suara kicauan yang monoton atau tidak bervariasi. Lain halnya dengan kutilang jantan yang mampu mengeluarkan suara kicauan yang merdu dan bervariasi. Tak hanya itu, suara kicauan kutilang jantan juga lebih kencang daripada kutilang betina.

5. Melakukan Metode Supit Urang

Selanjutnya, pemilik dapat menggunakan metode supit urang. Metode ini sudah sangat populer dan terbukti ampuh di kalangan para pecinta burung. Semua jenis burung dapat diketahui jenis kelaminnya dengan menggunakan metode ini.

Diantara beberapa cara lainnya, metode ini menjadi yang paling efektif dan akurat. Pasalnya, anatomi tubuh burung kutilang itu sendiri yang akan menjadi objek identifikasinya. Metode supit urang merupakan langkah yang diambil untuk mengetahui jenis kelamin burung dengan memasukkan jari tangan ke bagian dalam tulang pubis. Diketahui, tulang pubis itu sendiri terletak di ujung anus.

Bila tulang pubisnya lebih rapat, keras, dan menonjol, maka dapat dipastikan burung kutilang tersebut berjenis kelamin jantan. Namun, jika bentuk tulang pubisnya lebar, renggang, dan empuk, maka burung kutilang tersebut adalah betina.

6. Memperhatikan Perilaku Kutilang

Selain melihat fisik atau melakukan metode supit urang, pemilik juga dapat mengetahui jenis kelamin dari perilaku kutilang. Layaknya manusia, kutilang berjenis kelamin jantan lebih galak, agresif, dan pemberani. Sebaliknya, burung kutilang betina justru lebih kalem dan tenang.

Itulah beberapa cara membedakan kutilang jantan dan betina yang paling akurat. Ternyata mengidentifikasi jenis kelamin pada burung kutilang tidak sulit untuk dilakukan. Melalui keenam cara sederhana ini, pemilik dapat langsung mengetahui jenis kelamin burung kutilang peliharaannya.