Bentuk Simbiosis Jamur

by -590 views
Bentuk Simbiosis Jamur
Sumber: differencebetween.com

Jamur bersimbiosis dengan organisme lain untuk memperoleh zat makanan. Bentuknya ada 2, yaitu mikoriza dan liken (lumut kerak).

Mikoriza

Mikoriza adalah bentuk simbiosis mutualisme antara jamur (Zygomycota) Ascomycota, dan Basidiomycota) dengan tumbuhan tingkat tinggi (pinus, anggrek, dan kubis). Jamur akan memeroleh zat makanan, sedangkan tumbuhan dibantu dalam penyerapan zat mineral tanah dan perlindungan terhadap kekeringan dan jamur patogen. Pada tumbuhan kacang-kacangan, mikoriza (endomikoriza) merangsang pembentukan bntil akar.

Ada dua mikoriza, yaitus sebagai berikut.

  1. Endomikoriza: hifa jamur menembus hingga korteks akar.
  2. Ektomikoriza: hifa jamur menembus hingga epidermis akar.

Liken (lumut Kerak)

Liken adalah bentuk simbiosis mutualisme antara jamur (Ascomycota dan Basidiomycota) dengan alga hijau (Chlorophyta) atau sianobakteri. Jamur memperoleh makanan dan O2, sedangkan alga memperoleh kelembapan, CO2, dan garam mineral.

a. Ciri-ciri Liken

  • Tubuh berupa talus yang melekat pada subtrat menggunakan rizin.
Struktur Liken
Sumber: bodell.mtchs.org

Talus yang dibentuk oleh jamur disebut mikobion, sedangkan talus yang dibentuk oleh alga disebut fokobion. Tipe talus ada 3, yaitu sebagai berikut.

– Krustosa; berupa lapisan tipis yang menempel substrat dan tidak memiliki rizin.

– Frutikosa; berupa pita atau silinder yang bercabang banyak, tumbuh tegak/menggantung, dan bagian dasarnya menempel pada substrat.

– Foliosa: berupa lapisan seperti daun yang lebar, berkerut, berlipat, atau bergelombang, serta menempel pada substrat melalui rizin.

Tipe Talus
Gambar Struktur liken
  • Pertumbuhan sangat lambat, ketahanan tubuh tinggi, dan persebarannya luas.
  • Reproduksi dilakukan secara aseksual melalui fragmentasi talus. Bagian yang dilepaskan berupa soredia (mengandung alga dan jamur) atau isidia (tonjolan bagian tengah talus).

b. Pengelompokkan

Liken dikelompokkan berdasarkan tempat hidupnya menjadi kortikolus (di pohon), saksikolus (di babatuan), dan terikolus (di permukaan tanah).

c. Peranan

Liken merupakan organisme perintis karena dapat bertahan pada lingkungan yang ekstrem.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *