Beberapa Modal yang Diperlukan untuk Membuat Usaha Bengkel Motor

by -246 views
Beberapa Modal yang Diperlukan untuk Membuat Usaha Bengkel Motor

Memulai bisnis bengkel motor memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Hal ini disebabkan karena untuk memulai bisnis ini Anda akan membutuhkan cukup banyak modal. Untuk Anda yang ingin tahu modal usaha bengkel motor dan juga rincian modal yang dibutuhkan untuk membuka bengkel, maka berikut ini akan kami berikan informasinya.

Peralatan yang dibutuhkan dalam memulai bisnis bengkel motor

Hal utama yang perlu Anda siapkan ketika Anda ingin memulai bisnis bengkel motor tentunya adalah tempat dimana Anda akan membuka bisnis bengkel motor tersebut. Bagi Anda yang akan membuat bisnis bengkel motor ini Anda bisa membeli tempat tersebut atau bisa juga menyewa sebuah kios atau ruko memulai bisnis Anda.

Jika Anda ingin melakukan penyewaan, maka biaya yang mungkin diperlukan untuk ini adalah Rp 10 juta hingga Rp 15 juta setiap tahunnya. Bilangan ini akan berubah jika lokasi yang Anda gunakan merupakan lokasi yang populer dan ramai.

Hal selanjutnya yang perlu dipersiapkan untuk memulai bisnis bengkel kendaraan bermotor adalah peralatan yang akan Anda gunakan untuk mengerjakan kendaraan yang masuk ke bengkel Anda. Peralatan-peralatan yang dibutuhkan untuk mengerjakan pekerjaan bengkel Anda bisa dibagi menjadi tiga jenis yaitu :

  • Peralatan perbengkelan

Jika bertanya tantang berapa modal usaha bengkel motor. Salah satu hal yang sangat berpengaruh terhadap modal usaha ini adalah biaya untuk membeli perlengkapan perbengkelan. Yang dimaksud dengan perlengkapan perbengkelan ini merupakan perlengkapan yang digunakan dalam pengerjaan perbengkelan Anda, contoh dari perlengkapan perpanjangan ini contohnya adalah kunci-kunci yang digunakan dalam kegiatan bengkel palu gergaji dan beberapa peralatan lainnya.

Biasanya untuk mendapatkan alat perlengkapan ini Anda perlu mempersiapkan modal usaha bengkel motor sekitar Rp 1.500.000 hingga Rp 2.000.000. Anda bisa membeli perlengkapan perbengkelan ini satu persatu atau bisa juga membelinya tool box yang tersedia di banyak tempat yang menjual produk-produk untuk perbengkelan.

  • Peralatan berat

Selain peralatan-peralatan kecil dan ringan seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Anda juga harus mempersiapkan modal untuk memberi beberapa peralatan berat untuk perbengkelan harian Anda.

Beberapa peralatan berat yang harus ada dalam bengkel Anda antara lain adalah alasan seperti gerinda tangan, gerinda duduk, dan juga kompresor udara. Untuk membeli perlengkapan ini Anda mungkin akan membutuhkan dana sekitar Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000

  • Perlengkapan juga aksesoris

Selanjutnya Anda juga harus mempersiapkan modal usaha bengkel yang akan digunakan untuk membeli perlengkapan dan juga aksesoris yang akan digunakan di bengkel Anda. Perlengkapan dan juga aksesoris ini antara lain adalah oli mesin, oli minyak, rem oli, dan juga jenis pelumas lainnya.

Selain itu mungkin Anda juga akan membutuhkan beberapa suku cadang seperti baut, busi, kabel dan juga perlengkapan-perlengkapan lain yang mungkin akan digunakan saat konsumen Anda percayakan kendaraannya pada bengkel Anda.

Jika dihitung dari perlengkapan ini saja, maka biaya modal mungkin berkisar Rp 10 juta hingga Rp 15 juta. Akan tetapi jika tempat yang akan Anda gunakan untuk membuka bengkel ini bukan tempat milik Anda, maka Anda akan membutuhkan biaya yang lebih besar dari perkiraan biaya tersebut.

Cara mendapat modal usaha bengkel motor

Membuka bengkel motor yang membutuhkan modal yang cukup besar, apalagi jika Anda ingin bengkel motor Anda lebih diminati, maka akan lebih banyak modal yang harus Anda keluarkan. Karena makin banyak yang Anda gunakan, maka tampilan dari usaha bengkel Anda akan makin meyakinkan. Dengan begitu Anda bisa menarik pangsa pasar yang lebih luas.

Untuk bisa mendapatkan modal usaha bengkel ini Anda bisa mendapatkan modal dari tabungan pribadi Anda atau bisa juga mengajak rekan melakukan join untuk membuka bengkel ini bersama-sama. Untuk modal ini, Disetujui.Id siap memfasilitasi Anda.

Akan tetapi membuka bengkel bersama dengan rekan cenderung memiliki banyak risiko sehingga akan lebih baik jika Anda melakukannya sendiri. Bagi Anda yang tidak bisa membuka bengkel sendiri karena terhalang biaya untuk modal, maka Anda bisa menyerahkan masalah ini pada BFI Finance. Mengapa BFI Finance?

  • BFI Finance adalah jasa pembiayaan yang sangat berpengalaman

Salah satu alasan mengapa BFI Finance merupakan salah satu jasa terbaik yang bisa digunakan untuk modal usaha bengkel motor Anda adalah karena pengalaman yang dimilikinya. BFI Finance merupakan lembaga pembiayaan yang sudah melakukan pelayanan hampir 40 tahun.

Lebih tepatnya BFI Finance sudah ada di pembiayaan sejak tahun 1982. Hal ini membuktikan bahwa BFI Finance merupakan sebuah lembaga yang kuat dan terpercaya sehingga Anda tidak perlu khawatir untuk meminjam dana padanya.

  • Dijamin oleh OJK

Salah satu alasan mengapa BFI Finance merupakan lembaga pembiayaan yang terbaik adalah mengenai jaminan pengawasan dari OJK. Dengan begitu Anda tidak perlu khawatir dengan dokumen yang Anda gadaikan pada BFI Finance ini.

  • Memiliki suku bunga yang rendah

Salah satu alasan mengapa Anda sebaiknya meminta pinjaman modal pada BFI Finance adalah suku bunganya yang rendah.

  • Proses yang cepat dan mudah

Salah satu alasan mengapa menggunakan jasa lembaga BFI Finance untuk peminjaman dana modal usaha bengkel motor adalah proses BFI Finance yang cepat dan mudah. Hanya dengan berbekal BPKB kendaraan bermotor baik itu mobil ataupun sepeda motor Anda sudah bisa mengantongi uang untuk modal usaha Anda.

Pemrosesannya juga dapat dilakukan dengan cepat dan mudah bahkan Anda bisa mengajukan pinjaman dengan sistem online. Inilah yang membuat jasa pinjaman ini menjadi salah satu jasa pinjaman terbaik untuk modal usaha bengkel motor Anda.