5 Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina Secara Akurat

by -217 views
5 Cara Membedakan Kelinci Jantan dan Betina Secara Akurat
Sumber: bluecross.org.uk

Jenis kelamin kelinci sudah bisa dilihat dari usia 1 sampai 2 bulan. Sangat penting untuk mengetahui jenis kelamin kelinci di awal, untuk menghindari terjadinya perkelahian apabila beberapa kelinci disatukan dalam kandang. Serta untuk menghindari perkembang biakan kelinci secara cepat. Maka, inilah beberapa cara membedakan kelinci jantan dan betina secara akurat:

1. Lihat Ukuran Tubuh

Ketika ingin tahu perbedaan kelinci, melihat ukuran tubuh bisa dijadikan cara membedakan kelinci jantan dan betina paling mudah. Jika memiliki kelinci dari ras yang sama, akan lebih mudah untuk membedakannya. Kelinci dengan ras sama, biasanya kelinci jantan memiliki ukuran tubuh lebih kecil dan ringan. Sementara betina memiliki ukuran lebih besar.

Ukuran kelinci betina lebih besar daripada kelinci jantan dikarenakan banyaknya lemak yang terdapat dalam tubuh betina. Terlebih saat kelinci betina sedang hamil dan mengandung anak kelinci, ukurannya bisa semakin membesar dan berat. Berbeda dengan kelinci yang memiliki ras sama, kelinci dengan ras berbeda sedikit lebih sulit untuk dibedakan ukuran tubuhnya.

2. Cek Alat Kelamin

Jika ingin mengetahui perbedaan kelinci jantan dan betina lebih akurat lagi, segera perhatikan alat kelamin pada masing-masing kelinci. Namun perlu diingat, hati-hati saat melakukan proses pemeriksaan alat kelamin. Jangan sampai secara tak sadar menyakiti tubuh kelinci dan membuatnya merasa tidak nyaman. Untuk dapat melihat alat kelaminnya, gendong kelinci dan hadapkan ke atas.

Terdapat 2 bola atau benjolan yang disebut testikel yang terletak di samping alat kelamin kelinci jantan. Kelinci jantan juga memiliki belahan kelamin yang berukuran kecil. Serta, kelaminnya berbentuk pipet atau tabung. Sementara itu, kelinci betina memiliki alat kelamin berbentuk gundukan yang runcing, tak memiliki testikel, dan terdapat belahan pada alat kelaminnya.

3. Perhatikan Bentuk Kepala

Ketika memperhatikan bentuk kepala kelinci secara teliti dan seksama, pasti akan terlihat adanya perbedaan antara kelinci jantan dan betina. Perlu diketahui bahwa bentuk kepala kelinci kerap berubah sesuai dengan usianya. Contoh, kelinci akan memiliki bentuk kepala lonjong seperti balok saat usianya baru 3 minggu.

Namun, dapat dipastikan bahwa memperhatikan bentuk kepala untuk dijadikan cara membedakan kelinci jantan dan betina ini cukup akurat. Meski bentuknya kerap berubah sesuai usianya, tetapi biasanya kelinci jantan memiliki bentuk kepala yang lonjong. Sementara itu, bentuk kepala kelinci betina biasanya bulat dan terdapat beberapa lipatan di bulu pada bagian lehernya.

4. Hitung Jumlah Puting Kelinci

Pada dasarnya setiap kelinci memiliki puting di tubuhnya. Secara umum, jumlah puting pada kelinci biasanya berkisar antara 2 sampai 5 puting. Perlu diketahui bahwa puting pada tubuh kelinci juga mempengaruhi kelahiran dan kematian kelinci. Selain untuk mengetahui kelahiran dan kematian, puting juga dapat digunakan untuk membedakan kelinci jantan dan betina.

Jika ingin melakukan cara membedakan kelinci jantan dan betina dengan menghitung jumlah puting. Perlu diingat bahwa menghitung jumlah puting di usia kelinci yang sudah cukup dewasa, akan mendapat hasil lebih akurat. Kelinci betina memiliki jumlah puting lebih banyak, yakni 4 hingga 5 puting. Sementara kelinci jantan, biasanya hanya memiliki 2 puting.

5. Perhatikan Gerak Kelinci

Jika sebelumnya terdapat beberapa cara membedakan kelinci jantan dan betina dengan melihat fisiknya. Di Bagian ini, untuk membedakannya tak lagi dengan melihat ciri fisik, tetapi melalui gerak gerik setiap kelinci. Kelinci jantan dan betina memiliki perbedaan gerak yang cukup menonjol dan terlihat jelas.

Untuk kelinci jantan sendiri, biasanya memiliki pergerakan lebih agresif. Kelinci jantan memang sangat aktif bergerak kemana-mana. Tak peduli di dalam kandang atau luar kandang, kelinci jantan tetap suka bergerak dengan lincah. Berbeda dengan sang jantan, kelinci betina justru lebih banyak diam saat di luar kandang dan aktif di dalam kandang.

Demikian ulasan mengenai 5 cara membedakan kelinci jantan dan betina secara akurat. Perbedaan kelinci jantan dan betina harus diketahui, agar bisa menyesuaikan tempat dan pasangan saat di dalam kandang. Serta agar lebih mudah untuk memberikan asupan dan kebutuhan tiap kelinci.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *